Begini Manfaat Bermain Bingo Bagi Kinerja Otak Kita

Manfaat Bermain Bingo Bagi Kinerja Otak Kita

Begini Manfaat Bermain Bingo Bagi Kinerja Otak Kita – Banyak sekali jenis permainan yang bermanfaat untuk menunjang kinerja otak. Salah satu permainan sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang otak adalah bingo. Ya, permainan bingo sudah melegenda karena sudah ada sejak abad ke-15 di negara Italia. Saat pertama kali ditemukan, bingo masih menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti kacang-kacangan, koin, dan lembaran kertas atau kain sebagai media permainannya. Namun, seiring perkembangan zaman membuat permainan bingo berevolusi menjadi salah satu sarana edukasi sekaligus sarana perjudian di berbagai kasino terkenal dunia.

Sistem permainan bingo pada dasarnya adalah mencocokkan kombinasi huruf dan angka yang diumumkan oleh bandar dengan daftar huruf dan angka yang ada pada kartu bingo milik pemain. Setiap kartu bingo terisi oleh 25 kotak yang terdiri dari 5 baris kotak dan 5 kolom kotak. Kartu tersebut juga dilengkapi dengan kata “BINGO” sebagai baris teratas dimana setiap huruf mewakili kolom angka yang ada di bawahnya. Dengan kata lain, setiap huruf (misal “O”) mewakili 5 kotak angka yang ada di bawahnya. Keseruan mulai muncul saat pemain mendapatkan kartu bingo yang memiliki daftar angka berbeda setiap kotaknya. Bahkan, setiap kartu bingo memiliki daftar yang berbeda dengan kartu bingo lainnya. Pada saat itulah pemain mulai mengerahkan kemampuan otaknya dalam mengingat daftar angka agar dapat merespon dengan cepat info yang diberikan oleh bandar.

Semua kombinasi huruf dan angka yang terdapat pada kartu bingo akan digunakan oleh bandar sebagai bahan undian. Huruf dan angka tersebut dapat dituliskan pada sebuah bola maupun kertas guna memudahkan saat proses pengundian. Semua bola atau kertas akan dimasukkan ke dalam sebuah wadah pengundian seperti ember, kaleng, kardus, dan sebagainya agar permainan berjala fair. Pada saat proses pengundian inilah peran bandar bekerja sebagai pengambil undian sekaligus mengumumkannya kepada para pemain secara berulang kali dengan rentang waktu tertentu. Proses pengundian dan pengumuman kombinasi huruf dan angka akan terus berlanjut sampai ada pemain yang mendapatkan 5 kotak berderetan dan menyebutkan kata “Bingo !”. Setelah didapatkan pemenangnya maka permainan akan diulangi lagi dari awal dengan memasukkan kembali seluruh kombinasi huruf dan angka ke wadah pengundian.

Permainan bingo membutuhkan sebuah objek yang digunakan untuk menandai kombinasi huruf dan angka yang sesuai dengan pengumuman bandar. Objek yang dapat digunakan sebagai penanda bisa berasal dari apa saja asalkan sesuai dengan karakter kotak yang ada pada kartu bingo dan nyaman untuk digunakan seperti koin, chip, potongan kertas, dan lainnya. Proses penutupan kotak angka dalam permainan bingo juga membutuhkan kinerja otak yang responsif. Pasalnya, jika pemain terlalu lama mencari angka yang sesuai dengan pengumuman bandar maka akan ketinggalan informasi dari pengumuman selanjutnya. Pemain yang beruntungkan bisa langsung menutup kotaknya secara berderetan baik dalam bentuk vertikal, horisontal, maupun diagonal.

Begini Manfaat Bermain Bingo Bagi Kinerja Otak Kita

Kemampuan permainan bingo untuk melatih kinerja otak memang tidak perlu di ragukan lagi. Pemain bingo rata-rata memiliki kinerja otak yang responsif sehingga menjadikannya sebagai pribadi yang lebih cekatan. Nah, bagi anda yang ingin melatih kinerja otak anak dapat melakukan modifikasi pada permainan bingo dengan mengganti objek angka dan huruf dengan objek-objek yang disukai oleh anak-anak seperti karakter kartun, hewan, tumbuhan, kendaraan, dan sebagainya. Bahkan, anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana untuk membuat media bermain bingo sendiri di rumah bersama anggota keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *