Menilik Berbagai Manfaat Dibalik Kesederhanaan Game Bingo

Menilik Berbagai Manfaat Dibalik Kesederhanaan Game Bingo

Menilik Berbagai Manfaat Dibalik Kesederhanaan Game Bingo – Game menjadi salah satu media hiburan yang mampu menyegarkan pikiran melalui rasa senang yang ditimbulkannya. Tahukah anda bahwa beberapa game ternyata memberikan berbagai manfaat bagi tubuh khususnya bagian otak ?. Ya, salah satu game sederhana yang memberikan dampak yang luar biasa bagi kemampuan otak adalah bingo. Game yang sudah hadir sejak abad ke-15 ini pertama kali ditemukan di negeri pizza Italia dengan sebutan “Le Lotto”. Permainan ini terus berkembang dan menyebar ke seluruh penjuru dunia karena keseruannya dibalik kesederhanaannya. Bahkan pemain hanya memerlukan bahan-bahan sederhana agar bisa menikmati game bingo seperti aneka biji-bijian, koin, dan kertas saja. Seiring perkembangan zaman, game bingo kian menjadi legenda dengan berevolusi sebagai game pembelajaran sekaligus game casino offline maupun online yang ada di dunia.

Rehabbingo – Sebelum mengulas manfaat dari game bingo alangkah baiknya untuk mengetahui aturan mainnya terlebih dahulu. Game bingo dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus dan dibutuhkan seorang caller atau pemanggil yang bertugas untuk memilih undian angka sekaligus mengumumkannya kepada para pemain. Sedangkan beberapa peralatan yang digunakan untuk bermain antara lain :

1. Kartu Bingo
Kartu game bingo berisi persegi yang saling bersambungan dengan ukuran 5 baris dan 5 kolom sehingga terkumpul 25 persegi. Pada bagian teratas akan ada penambahan baris yang berisi huruf hingga membentuk kata “BINGO’. Setiap huruf tersebut akan mendampingi deretan angka yang sekolom dengannya. Sedangkan untuk jumlah angka yang digunakan dalam perminan bingo adalah 75 dengan rincian huruf B memiliki rentang angka 1-15, huruf I memiliki rentang angka 16 sampai 30, huruf N memiliki rentang angka 21-45, huruf G memiliki rentang angka 46 sampai 50, dan huruf O memiliki rentang angka 61 sampai 75.

2.  Penutup Persegi Bingo
Penutup persegi bingo dibutuhkan untuk menandai angka pada persegi kartu bingo yang sesuai dengan undian angka caller atau pemanggil. Penutup persegi bingo yang umum digunakan adalah chip atau koin recehan. Tujuan penutupan persegi adalah mempermudah pembentukan deret persegi yang digunakan dalam permainan yaitu deret baris, deret kolom, dan deret diagonal atau menyilang. Pemain yang berhasil membentuk deret 5 persegi sesuai dengan ketentuan tersebut harus meneriakkan kata “BINGO!” sebagai bentuk klaim atas kemenangan yang diperoleh.

Menilik Berbagai Manfaat Dibalik Kesederhanaan Game Bingo

3. Alat pengundian bingo
Alat pengundian yang dapat digunakan dalam game bingo bisa berasal dari objek apa saja. Asalkan objek tersebut mampu mewadahi daftar huruf dan angka serta diutamakan memiliki bahan yang transaparan seperti kotak plastik atau kotak kaca. Penggunaan bahan tersebut bertujuan agar proses pengundian bersifat terbuka dan bebas dari unsur-unsur kecurangan.

Game bingo sangat membutuhkan respon yang cepat dari para pemainnya menginggat dalam satu babak saja bisa diiukuti oleh puluhan pemain secara langsung. Tidak heran jika pelaksanaan game bingo ditempatkan pada sebuah ruangan dengan kapasitas yang besar seperti aula, gedung, dan sebagainya. Terlebih setiap pemain berhak mendapatkan lebih dari satu kartu bingo dalam setiap babaknya. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak menggunakan kartu bingo sesuai dengan kemampuan monitoring pemain agar konsentrasi tetap terjaga.

Baca juga : Mengintip Keseruan Permainan Bingo yang Melegenda

Mengajak anak-anak untuk bermain game bingo bersama juga sangat bermanfaat untuk melatih syaraf motoriknya. Bahkan game ini juga dapat melatih kemampuan anak dalam menyelesaikan suatu masalah. Alangkah baiknya memodifikasi game bingo untuk menarik hati anak-anak dengan cara mengganti kombinasi huruf dan angka dengan menggunakan kata maupun gambar seperti aneka fauna, flora, kendaraan, dan masih banyak lagi. Bahkan game ini juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatka bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

By bingoreb
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.